Mencari Free Fload (FF) pada Network Planning cara CPM

Pada penjadwalan proyek dengan jaringan kerja (Network Planning) dengan cara Critical Path Method (CPM) dikenal adanya istilah Free Fload atau biasa disebut dengan singkatan FF. Definisi dari FF adalah fload bebas suatu kegiatan yang berarti adalah jumlah waktu yang diperkenankan untuk suatu kegiatan boleh ditunda atau apa bila terjadi keterlambatan tidak akan merubah dari durasi totas suatu kegiatan, tanpa mempengaruhi atau menyebabkan keterlambatan pada kegiatan berikutnya dengan durasi free fload yg didapatkan. Nilai Free Fload (FF) didapat dari dua kegiatan yang beriringan yang mempunya nilai EET dan LET yang berbeda atau nilainya tidak sama dengan menggunakan mengurangkan tiga komponen yaitu : Waktu mulai paling awal (EET) kegiatan berikutnya (yang mendahului) dikurangi (-) dengan durasi antara kegiatan dikurangi (-) waktu mulai paling awal (EET) kegiatan sebelumnya (yang didahului).
FF = EETj - Dij - EETi

Untuk lebih jelas silahkan simak visualisasi dibawah ini:
Dari hasil visualisasi diatas diperoleh nilai FF untuk kegiatan D dapat diartikan bahwa:
  1. Kegiatan D mempunyai nilai fload bebas 1 yang berarti bahwa kegiatan D dapat ditunda pelaksanaanya atau boleh terlambat selama maksimum 1 minngu (satuan durasi) tanpa mempengaruhi waktu pelaksanaan total atau menyebabkan keterlambatan pada kegiatan berikutnya.(kegiatan G)
  2. Bila kegiatan D ditunda atau terlambat lebih dari nilai FF (>1) maka kegiatan G akan terpengaruh (terlambat) pada pelaksanaan awalnya 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama